basic industry and chemical Industry & Trade Markets

AGII Ekspansi Filling Station Rp 337 Miliar

Aneka Gas Industri Tbk (AGII), perusahaan gas industri di bawah Samator Group, menargetkan ekspansi filling station di 35 provinsi tahun ini. Ekspansi filling station akan mendorong pencapaian laba bersih perusahaan tahun ini sebesar Rp 80 miliar, meningkat 90,47% dibanding laba bersih 2015 sebesar Rp 42 miliar.

Ekspansi akan dibiayai dengan dana hasil penawaran umum perdana saham (IPO). Perseroan mendapatkan dana Rp 843 miliar dari penjualan 766,66 juta saham atau 25% saham kepada investor publik. Sekitar 40% dana IPO digunakan untuk belanja modal (capex), 40% untuk membayar sebagian pinjaman perseroan, dan 20% untuk modal kerja.

Rachmat Harsono, Wakil Direktur Utama AGII, mengatakan saat ini AGII memiliki 44 plant dan 80 filling stations di 22 provinsi. AGII menjual produk gas industri, seperti oksigen, nitrogen, argon, gas campuran, gas khusus, dan bahan bakar gas. Produk gas AGII digunakan oleh industri baja, beton precast, kesehatan, manufaktur, hingga industri makanan dan minuman. AGII menargetkan pertumbuhan pendapatan 2016 sebesar 30% menjadi sekitar Rp 1,85 triliun.

Perseroan menguasai pangsa pasar gas industri nasional sebesar 30%. Kompetitor AGII adalah perusahaan-perusahaan gas asing, seperti Airgas (Amerika Serikat), Linde AG (Jerman), dan Air Liquide (Prancis). Pada perdagangan Rabu (28/9), harga saham AGII naik 5,9% menjadi Rp 1.165. (*)

Follow Us

Indexes