Industry & Trade Infrastructure Markets

Perolehan Dana IPO CSIS di Bawah Target

Cahaya Sakti Investindo Sukses Tbk (CSIS) meraih dana Rp 62,1 miliar dari penawaran perdana (IPO) 207 juta saham atau 15,84%. Realisasi dana IPO ini di bawah target perseroan sebesar Rp 130 miliar-Rp 200 miliar.

Lukas Maulana Jusuf, Direktur Keuangan CSIS, mengatakan sebelumnya perusahaan menawarkan sahamnya di kisaran Rp 650-Rp 960 per saham. “Dari hasil bookbuilding, penawaran di harga tersebut animonya kurang. Akhirnya harga saham ditetapkan Rp 300 per saham,” kata Lukas. Dengan harga penawaran yang baru, terjadi kelebihan permintaan 3,5 kali.

Perseroan akan menggunakan 78% dana IPO untuk operasional, 12% untuk pembelian alat berat, dan 10% untuk refinancing utang.

CSIS menargetkan pendapatan perseroan tahun ini akan mencapai Rp 140 miliar. Bisnis kontraktor umum akan memberikan kontribusi 70% terhadap pendapatan CSIS sedangkan kontribusi bisnis customized furniture sebesar 30%.

Perseroan mengekspor produk furniture dengan merek Plano ke pasar Rusia, Timur Tengah, dan Filipina. Penjualan ekspor mengkontribusikan 40% dari pendapatan bisnis furniture sedangkan 60% dari pasar domestik. “Yang lokal itu tender pemerintah, sisanya hotel, dan korporasi. Sampai Mei kami sudah mendapatkan dua kontrak furniture
dari pemerintah,” kata Lukas.

Pada sesi pertama perdagangan Rabu (10/5), harga saham CSIS naik 50% menjadi Rp 450. (*)

Follow Us

Indexes