Consumer Headline Markets

Tren Penjualan Ritel Meningkat

Penjualan eceran pada kuartal II 2017 diestimasi meningkat seiring dengan pertumbuhan permintaan pada bulan puasa dan Idul Fitri. Hal ini akan menjadi sentimen positif bagi pergerakan saham-saham emiten ritel di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Survei Bank Indonesia (BI) menyebutkan peningkatan penjualan eceran yang terlihat sejak April 2017 akan mencapai puncaknya pada Juli 2017. Pada April 2017, indeks penjualan riil tumbuh 5,4% yoy melanjutkan kenaikan pada Maret 2017 sebesar 4,2%.

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada kelompok makanan yang diprediksi mencapai 9,2% yoy pada kuartal II 2017. Menurut Samuel Sekuritas Indonesia, peningkatan penjualan ritel di segmen makanan dan minuman sejalan dengan persiapan rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan puasa pada akhir Mei 2017. Sementara itu, penjualan ritel non makanan hanya naik 0,1% yoy.

Survei BI ini sejalan dengan optimisme konsumen yang terlihat dalam Survei Keyakinan Konsumen. Ekspektasi konsumen terhadap kondisi 6 bulan ke depan cenderung naik.

Samuel Sekuritas memberikan peringkat overweight untuk sektor ritel. Untuk saham Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), Samuel merekomendasikan BUY dengan target harga Rp 7.700. Samuel juga merekomendasikan BUY saham Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) dengan target harga Rp 1.750 dan BUY Matahari Department Store Tbk (LPPF) dengan target harga Rp 19.500. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment

Follow Us

Indexes