Consumer Markets

UNVR dan Blibli Incar Pasar E-Commerce FMCG

Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan Blibli.com mengincar potensi pasar e-commerce fast moving consumer goods (FMCG) di Indonesia. Pada 2016, kontribusi penjualan FMCG baru mencapai 1% atau Rp 3,94 triliun dari total transaksi e-commerce di Indonesia sebesar Rp 394 triliun.

Lay Ridwan Gautama, Head of Trade Partnership Blibli.com, mengatakan pertumbuhan penjualan ritel global pada 2015-2020 diproyeksikan mencapai 5%-6% sedangkan pertumbuhan e-commerce lebih tinggi, yakni 7%-14%. Nilai transaksi penjualan ritel di Asia Pasifik pada 2016 menembus USD 1 triliun dan diestimasi mencapai USD 2,72 triliun pada 2020.

“Blibli maupun Unilever menyadari peluang pasar FMCG di ranah e-commerce masih terbuka lebar. Konsumen semakin terhubung dengan dunia digital, termasuk untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari,” kata Lay. Saat ini Blibli.com memiliki 5 juta anggota dan 50% dari jumlah tersebut merupakan konsumen yang aktif berbelanja.

UNVR melalui kerja sama ini membuka Unilever Anchor Store di situs Blibli.com. Perseroan memasarkan produknya di Blibli.com sejak Desember 2015. Produk-produk UNVR yang mendominasi penjualan di Blibli.com adalah produk personal care dan home care. Selama 2016, penjualan produk UNVR di Blibli.com tumbuh 25% per bulan dan secara total tumbuh 30 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kontribusi penjualan melalui e-commerce saat ini masih kecil tetapi kami berinvestasi untuk masa depan di mana potensi e-commerce sebagai salah satu channel penjualan sangat besar,” kata Hira Triadi, Head of e-Commerce UNVR. Kerja sama perseroan dengan Blibli.com akan meningkatkan pemasaran digital untuk memperkuat merek-merek UNVR dan menghemat biaya logistik karena pengiriman barang dilakukan oleh Blibli.com.

Pada kuartal I 2017, penjualan bersih UNVR mencapai Rp 10,84 triliun, naik 8,5% dibandingkan kuartal I 2016 sebesar Rp 9,99 triliun. Laba bersih perseroan mencapai Rp 1,96 triliun, meningkat 24,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. (*)

Follow Us

Indexes