Consumer Markets

MAPI Restrukturisasi Bisnis Department Store

Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) tengah merestrukturisasi bisnis department store dan mengonsolidasikan sejumlah merek fashion untuk mengurangi kerugian (subsidy loss). Beberapa department store yang kurang menguntungkan akan ditutup.

VP Sharma, Wakil Direktur Utama MAPI, mengatakan restrukturisasi dan reorganisasi bisnis department store juga dilakukan untuk meningkatkan kontribusi bisnis tersebut. Pada 2016, kontribusi bisnis department store terhadap laba bersih perseroan hanya 2%.

Bisnis department store MAPI beroperasi di bawah lima merek, yakni Seibu, Sogo, Lotus, Debenhams, dan Gallery Lafayette. “Kami memiliki lima toko yang berbeda, kami sedang mengkaji apakah akan bertahan dengan lima merek yang berbeda atau ada yang disatukan,” kata VP Sharma.

Perseroan mengurangi jumlah gerai department store menjadi 24 gerai dari 27 gerai dengan menutup 2 gerai Lotus dan 1 gerai Debenhams. Saat ini perseroan masih memiliki 3 gerai Lotus dan 2 gerai Debenhams. Kajian mengenai bisnis department store dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) dan diharapkan tuntas dalam waktu dekat.

Fetty Kwartati, Head of Corporate Communication MAPI, mengatakan perseroan mengalokasikan belanja modal (capex) Rp 750 miliar pada 2017 untuk ekspansi gerai seluas 70.000 m2 atau setara 200 gerai. “Pembagiannya 20.000 m2 untuk department store, 10.000 m2 untuk food and beverage, dan 40.000 m2 untuk specialty stores,” kata Fetty. Ekspansi ini termasuk rencana perseroan untuk membuka 1 gerai Zara di Hanoi, Vietnam dan 3 concept store Inditex di Vietnam.

Perseroan menargetkan penjualan bersih tahun ini tumbuh 13%-14% dibandingkan akhir tahun lalu sebesar Rp 14,1 triliun. Hingga kuartal I 2017, perseroan membukukan pertumbuhan pendapatan bersih 14,2% menjadi Rp 3,6 triliun. Laba bersih perseroan pada kuartal I 2017 melonjak hampir empat kali lipat menjadi Rp 59 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 15 miliar. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment

Follow Us

Indexes