Markets Mining & Energy

GEMS Targetkan Penjualan Batubara 15 Juta Ton

Golden Energy Mines Tbk (GEMS) menargetkan volume penjualan batubara tahun ini sebesar 15 juta ton, meningkat 37% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Perbaikan harga komoditas batubara dan perluasan pasar ekspor akan mendukung target penjualan perseroan tersebut.

Kumar Khrisnan, Chief Financial Officer GEMS, mengatakan hingga kuartal I 2017 volume penjualan batubara perseroan mencapai 3,4 juta ton dengan nilai USD 141,98 juta. Angka tersebut menunjukkan kenaikan 25,9% dari sisi volume dan 50,78% dari sisi nilai penjualan. “Harga batubara menunjukkan uptrend pada kuartal I 2017,” kata
Khrisnan.

Produksi batubara perseroan tahun ini ditargetkan mencapai 14 juta ton, naik signifikan 47% dibandingkan 2016 sebesar 9,5 juta ton. Perseroan telah membukukan kontrak penjualan batubara sebesar 12 juta ton atau 80% dari target volume penjualan perseroan. Adapun 20% dari volume penjualan batubara dialokasikan untuk pasar spot.

“Ini untuk balancing harga saja karena pasar spot mengacu ke indeks Newcastle. Kami berusaha mendapatkan harga yang lebih baik sehingga rata-rata tertimbang untuk harga batubara kami lebih baik,” kata Bonifacius, Chief Executive Officer GEMS. Perseroan memprediksi harga jual rata-rata batubaranya mencapai USD 35 per ton.

Perseroan menjual 60% batubaranya untuk ekspor, 40% untuk pasar domestik. Negara tujuan utama ekspor batubara GEMS adalah China, India, dan Korea Selatan. Perseroan juga menjajaki pasar ekspor baru ke Spanyol, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

GEMS mengalokasikan belanja modal (capex) sebesar USD 12 juta pada 2017 untuk menambah infrastruktur pendukung di tambang-tambang milik perseroan. Dana yang digunakan untuk belanja modal berasal dari kas internal. Perseroan mencatat posisi kas dan setara kas sebesar USD 83,68 juta per 31 Maret 2017. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment

Follow Us

Indexes