Markets Mining & Energy

AKRA Siap Salurkan BBM Satu Harga

AKR Corporindo Tbk (AKRA) mendukung program pemerintah dan BPH Migas terkait kebijakan Satu Harga Minyak di seluruh wilayah Indonesia. Perseroan mendapatkan penugasan untuk mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) ke tujuh titik.

Suresh Vembu, Direktur Keuangan AKRA, mengatakan AKRA menjangkau 130 Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) di Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Bali. Perseroan juga sudah menjual solar bersubsidi dengan satu harga.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala BPH Migas Nomor 23/P3JBT/BPH Migas/KOM/2016 tentang penugasan badan usaha untuk melaksanakan penyediaan dan pendistribusian jenis BBM tertentu pada 2017, AKRA mendapat kuota distribusi solar 300 ribu kiloliter (KL). Adapun Pertamina mendapat kuota solar 15,7 juta KL dan minyak tanah 610 ribu KL.

AKRA dan Pertamina wajib menjual BBM jenis solar bersubsidi, premium atau minyak tanah dengan harga yang sama di wilayah Indonesia. Jika tidak memenuhi ketentuan tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengancam akan mencabut izin distribusi BBM mereka.

“AKRA akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memasok BBM ke daerah-daerah sesuai kebutuhan. Kami akan bekerja sama dengan BPH Migas untuk alokasi 2017 dan mandat lebih lanjut,” kata Suresh dalam siaran pers.

Pada kuartal I 2017, kontribusi pendapatan dari penjualan BBM mencapai 66% dari total pendapatan perseroan senilai Rp 4,34 triliun. Total penjualan perseroan hingga akhir tahun ini diprediksi mencapai Rp 19 triliun. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment

Follow Us

Indexes