Markets Property

Kontinuitas Pre-sales Jadi Katalis BSDE

Kontinuitas pertumbuhan pre-sales atau marketing sales dengan target segmen menengah atas akan menjadi katalis bagi Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE). Tambahan penjualan lahan dan peningkatan recurring income juga membuat saham BSDE semakin menarik.

Akhmad Nurcahyadi, Analis Samuel Sekuritas Indonesia, mengatakan BSDE mendorong pertumbuhan pre-sales dengan meluncurkan produk secara kontinyu. Beberapa proyek yang ditawarkan BSDE adalah Avezza at Mozia, Southgate Residence, dan Klaska Surabaya yang diestimasi menambah nilai pre-sales sebesar Rp 500 miliar.

BSDE juga meningkatkan porsi recurring income menjadi 20%-25% yang akan memperkuat daya tahan pertumbuhan laba perusahaan ke depan. Pada periode 2012-2016, porsi recurring income BSDE 17,8%. Beberapa proyek yang akan menjadi penggerak recurring income adalah Green Office Park dan Superblok Southgate Residence.

“Tahun ini recurring income BSDE kami proyeksikan sebesar 20,46% dan akan kembali naik menjadi 21,23% tahun depan,” kata Akhmad.

Perseroan juga menargetkan penjualan lahan tahun ini sebesar Rp 1,5 triliun. Meskipun tidak sebesar segmen residensial, penjualan lahan beberapa kali membantu pertumbuhan pre-sales BSDE. Pada kuartal I 2017, perseroan mencatatkan penjualan lahan kepada Mitsubishi Corporation senilai Rp 840 miliar.

Samuel Sekuritas Indonesia merekomendasikan BUY saham BSDE dengan target harga Rp 2.350. (*)

Follow Us

Indexes