Markets Mining & Energy

SMMT Incar Proyek Pembangkit Listrik Mulut Tambang

Golden Eagle Energy Tbk (SMMT) mengincar sejumlah proyek pembangkit listrik mulut tambang (mine mouth) di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya. Perseroan akan menjadi pemasok batubara maupun pemegang saham di konsorsium yang akan membangun pembangkit listrik tersebut.

Roza Permana Putra, Direktur Utama SMMT, mengatakan keikutsertaan perusahaan di proyek pembangkit listrik mulut tambang akan mendorong penjualan batubara SMMT di masa depan. Perseroan ingin fokus meningkatkan penjualan batubara di pasar domestik selain tetap melakukan penjualan ekspor.

Ada beberapa proyek pembangkit listrik mulut tambang yang tengah dijajaki perseroan, antara lain Sumsel VI, Sumsel I, Sumbagsel I, dan Sumatera I. Pembangkit listrik tersebut memiliki kapasitas minimal 300 MW. Perseroan optimistis cadangan batubara yang cukup besar dari tambang PT Triaryani di Sumatera Selatan, yakni di atas 400 juta ton, akan mendukung rencana tersebut.

“Untuk pembangkit listrik mulut tambang tidak menggunakan skema tender tetapi penunjukan langsung oleh pemerintah. Kami akan menjadi anggota konsorsium dan bekerja sama dengan beberapa investor maupun perusahaan EPC,” kata Roza.

SMMT menargetkan produksi batubara tahun ini akan mencapai 1,4 juta ton, meningkat 49% dibandingkan dengan 2016 sebesar 938.000 ton. Hingga Mei 2017, perseroan sudah mengantongi kontrak penjualan batubara setara 250.000 ton. (*)

Follow Us

Indexes