Consumer Industry & Trade Markets

AISA Jajaki Bisnis Minyak Goreng

Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) atau TPS Food menjajaki bisnis distribusi minyak goreng. Perusahaan akan membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan produsen minyak goreng besar.

“Kami mencari partner yang sudahh main di minyak goreng tetapi tidak punya keahlian dalam branding. Kami akan distribusikan minyak goreng, penjualannya di-bundling dengan beras,” kata Sjambiri Lioe, Finance Coordinator AISA.

Perseroan tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa produsen minyak goreng yang berpotensi menjadi mitra strategis. AISA menargetkan pembentukan joint venture terealisasi sebelum akhir tahun ini dan bisnis distribusi minyak goreng bisa berjalan mulai 2018. Selain minyak goreng, AISA juga mengincar pemasaran produk turunan minyak goreng, yakni margarin.

Seperti diketahui, AISA sebelumnya memiliki perusahaan kelapa sawit Golden Plantation Tbk (GOLL). Tahun lalu, AISA menjual seluruh kepemilikan atau 78,17% sahamnya di GOLL kepada JOM Prawarsa Indonesia senilai Rp 521,43 miliar.

Sjambiri mengatakan, perseroan lebih senang bermain di produk hilir kelapa sawit, seperti minyak goreng. “Kami mainkan barang jadi. Kalau kelapa sawit kan kita harus menanam dan segala macam,” kata Sjambiri.

Kerja sama dengan perusahaan minyak goreng tersebut diprediksi akan menambah diversifikasi bisnis AISA dan meningkatkan pendapatan di masa depan. Pada perdagangan Kamis (8/6), harga saham AISA stagnan di Rp 1.920. (*)

Follow Us

Indexes