Markets Mining & Energy

FIRE akan Bangun PLTU Mulut Tambang Anggana

Alfa Energi Investama Tbk (FIRE) akan membangun pembangkit listrik tenaga uap mulut tambang dengan kapasitas 50 MW di Anggana, Kalimantan Timur. Perseroan mencari mitra strategis untuk proyek tersebut.

Aris Munandar, Direktur Utama FIRE, mengatakan pembangunan pembangkit listrik akan dilakukan oleh anak usahanya PT Alfa Daya Energi. Saat ini Alfa Daya telah bermitra dengan Perusahaan Daerah Ketenagalistrikan Kalimantan Timur (Perusda Kaltim). Perseroan masih membutuhkan mitra perusahaan kontraktor engineering, procurement and construction (EPC) dan operator pembangkit listrik.

“Targetnya akhir tahun nanti kami sudah mendapatkan mitra bisnis,” kata Aris.

Perseroan memperkirakan, dalam setahun konsumsi batubara untuk PLTU mulut tambang dengan kapasitas 50 MW mencapai 300.000 ton. Batubara yang digunakan adalah batubara dengan kalori 4.400 kkal.

FIRE menyiapkan lahan seluas 23 hektare di kawasan Anggana untuk lokasi pembangunan PLTU mulut tambang tersebut. Proyek tersebut juga diharapkan dapat mendorong penjualan batubara perseroan di masa depan.

FIRE, yang baru saja mencatatkan sahamnya sebagai emiten ke-545, menargetkan volume penjualan batubara sebesar 600.000 ton dengan nilai sekitar Rp 180 miliar pada 2017. Angka ini meningkat 50% dibandingkan volume penjualan tahun lalu.

FIRE mendapatkan dana IPO sebesar Rp 150 miliar dari pelepasan 300 juta saham atau 23,08% dari total saham perusahaan. Pada sesi pertama perdagangan saham Jumat (9/6), harga saham FIRE melonjak 50% menjadi Rp 750. (*)

Follow Us

Indexes