Industry & Trade Markets

MASA Targetkan Penjualan Ban Motor Tumbuh 35%

Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) menargetkan pertumbuhan volume penjualan ban motor sebesar 35% menjadi sekitar 5,9 juta ban pada 2017. Perseroan mendorong ekspansi di bisnis ban sepeda motor yang peningkatannya lebih pesat dibandingkan penjualan ban mobil.

Uthan A Sadikin, Direktur MASA, mengatakan hingga akhir 2016 volume penjualan ban motor (motorcycle tire/MC) meningkat 35% menjadi 4,4 juta ban sedangkan ban mobil (passanger car radial/PCR) turun 5% menjadi 6,5 juta ban. Penjualan ban motor lebih banyak dikontribusikan oleh pasar domestik sedangkan penjualan ban mobil lebih banyak ke pasar ekspor.

“Kami berencana membuka 500 toko Corsa Shop, yang sudah terpasang ada 200 toko. Untuk mempercepat dan memperbanyak penjualan ritel, kami bekerja sama dengan dua pemain ban motor, yakni Planet Ban dan Pro Ban yang memiliki banyak toko,” kata Uthan. Perseroan mengalokasikan belanja modal sekitar USD 20 juta untuk ekspansi Corsa Shop.

J Sukarman, Wakil Direktur Utama MASA, mengatakan penjualan ekspor tahun lalu turun akibat persaingan yang semakin ketat. Penjualan ekspor di Amerika Serikat (AS) turun 13%, Asia 22%, Afrika 29%, Australia 5%, dan Timur Tengah 2%. Namun, di pasar Eropa penjualan perusahaan naik 3%. Salah satu pendorongnya adalah sponsorship yang dilakukan MASA untuk klub sepakbola Paris Saint Germain (PSG). “Perancis termasuk pasar yang susah untuk dimasuki, setelah jadi sponsor PSG kami mendapatkan kontrak dengan peritel ban di Perancis khususnya untuk produk Achilles,” kata Sukarman.

Perseroan tahun ini membidik pasar ekspor baru ke Korea Selatan. Perseroan telah menandatangani kontrak penjualan dengan peritel ban terbesar di negara tersebut. Saat ini kontribusi ekspor terhadap volume dan nilai penjualan MASA mencapai 65% sedangkan pasar domestik sebesar 35%. Dari sisi produk, ban motor berkontribusi 16% terhadap penjualan sedangkan ban mobil sebesar 81%, sisanya 3% disumbangkan penjualan truck and bus radial (TBR) serta solid tire (ST).

Hingga Maret 2017, perseroan mencatat volume penjualan ban motor mencapai 1,9 juta ban sedangkan ban mobil sebanyak 1,4 juta ban dengan nilai USD 65 juta. MASA membukukan rugi bersih USD 320.000, turun dibandingkan dengan kuartal I 2016 yang merugi USD 1,6 juta. (*)

Follow Us

Indexes