Consumer Markets

JPFA Jual Senior Notes USD 100 Juta

Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) menjual senior notes senilai USD 100 juta dengan kupon 5,5% per tahun kepada Credit Suisse (Singapore) Limited. Surat utang yang akan jatuh tempo pada 2022 tersebut akan dikonsolidasikan dengan senior notes yang diterbitkan perseroan pada 31 Maret 2017 senilai USD 150 juta sehingga total menjadi USD 250 juta.

Maya Pradjono, Corporate Secretary JPFA, mengatakan surat utang tersebut akan dicatatkan di Singapore Securities Trading Limited setelah transaksi ditutup dan efektif pada 19 Juni 2017. Berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh kreditor, tidak boleh ada perubahan saham pengendali di perseroan terkait Keluarga Santosa, yang merupakan pemegang saham pengendali di Japfa Ltd.

“Ketentuan-ketentuan tentang perubahan pengendali sejauh berkaitan dengan Keluarga Santosa mengharuskan Handojo Santosa dan afiliasinya tetap menjadi pemegang saham sebenarnya yang terbesar dalam perseroan,” kata Maya dalam keterbukaan informasi di BEI.

Japfa Ltd dianggap sebagai afiliasi Handojo Santosa selama mereka menjadi pemegang saham pengendali sebagaimana didefinisikan dan diinterpretasikan dalam ketentuan Bursa Efek Singapura. Afiliasi termasuk saudara kandung Handojo Santosa berikut pasangan masing-masing, dan anak-anak serta perusahaan trust keluarga, termasuk perusahaan yang mereka kendalikan.

Pada kuartal I 2017, JPFA membukukan pendapatan Rp 6,62 triliun, naik 2,95% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih perseroan merosot 56% menjadi Rp 134,68 miliar karena keuntungan selisih kurs mata uang asing turun 78,76% menjadi Rp 27,08 miliar. (*)

Follow Us

Indexes