Finance Markets

Dividen Jadi Pendorong ETF Pinnacle

Pinnacle Persada Investama (Pinnacle Investment) meluncurkan Pinnacle Core High Dividend ETF (XPDV) yang menggunakan dividen sebagai faktor pendorong kinerjanya. ETF dengan karakteristik dividen ini dapat digunakan sebagai instrumen defensif terhadap pendapatan saham di tengah ketidakpastian pasar.

Guntur Putra, Presiden Direktur dan CEO Pinnacle Investment, mengatakan faktor dividen terbukti menjadi pendorong utama kinerja saham dalam jangka panjang di Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun bursa global. “XPDV dapat digunakan oleh investor untuk mendapatkan eksposur terhadap perusahaan Indonesia yang sangat baik, berkualitas tinggi dan membagikan dividen relatif tinggi secara konsisten,” kata Guntur. XPDV telah dicatatkan di BEI pada 9 Juni 2017.

Andri Yauhari, Managing Director dan CIO Pinnacle Investment, mengatakan XPDV yang berbasis platform SMART ETF menggunakan alpha untuk mendapatkan volatilitas lebih rendah dan risk adjusted returns yang lebih tinggi dalam jangka panjang. Pada produk ETF Pinnacle pertama, yakni Pinnacle Enhanced Liquid ETF (XPLQ) yang fokus pada saham berkapitalisasi besar, return yang dibukukan mencapai 30,16% pada 2016.

Pinnacle juga meluncurkan Pinnacle Indonesia Large Cap ETF (XPLC) yang berbasis saham-saham likuid dengan kapitalisasi pasar yang besar. XPLC dicatatkan di BEI pada 14 Juni 2017.

Pinnacle tidak menetapkan target dana kelolaan dari produk XPDV dan XPLC. “Kami percaya supply create demand, dana kelolaan akan bertambah dengan sendirinya,” kata Andri. Saat ini Pinnacle memiliki dana kelolaan Rp 2 triliun, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan posisi akhir 2016 sebesar Rp 700 miliar. Hingga kuartal I 2017, total dana kelolaan ETF di Indonesia mencapai Rp 7,57 triliun, tumbuh 17,73% dibandingkan dengan posisi akhir tahun lalu sebesar Rp 6,43 triliun.

Guntur mengatakan, di pasar primer XPDV dan XPLC ditawarkan seharga Rp 50 juta per basket yang berisi 100.000 unit penyertaan. Di pasar sekunder, kedua ETF itu akan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 500 per unit sehingga investor bisa membeli 1 lot XPDV atau XPLC seharga Rp 50.000. Pinnacle bekerja sama dengan Indo Premier Sekuritas sebagai dealer partisipan di pasar primer sedangkan untuk pasar sekunder, kedua ETF tersebut bisa dibeli melalui sekuritas manapun. (*)

Follow Us

Indexes