Finance Markets

The Fed Percepat Normalisasi Suku Bunga

Federal Reserve (The Fed) diestimasi akan mempercepat normalisasi suku bunga acuan (Fed Fund Rate). Keputusan The Fed ini akan menimbulkan pergeseran signifikan di pasar keuangan global.

Fitch Ratings mengatakan, normalisasi Fed Fund Rate akan berjalan lebih cepat dibandingkan ekspektasi para pelaku pasar setelah The Fed menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps ke level 1%-1,25% pada Rabu (14/6). The Fed juga mengumumkan bahwa bank sentral Amerika Serikat (AS) itu akan mulai mengurangi pembelian aset-aset surat berharga mulai tahun ini.

“Kenaikan Fed Fund Rate dan pernyataan The Fed menegaskan pandangan kami yang memprediksi Fed Fund Rate akan kembali ke level 3,5% pada 2020 dan imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun akan kembali ke atas 4%. Hal ini akan menimbulkan pengaruh signifikan pada kondisi suku bunga global,” kata Brian Coulton, Managing Director dan Chief Economist Fitch Ratings, dalam siaran pers.

Fitch yakin The Fed mulai nyaman dengan proses normalisasi suku bunga dan data inflasi terakhir yang lebih rendah dibandingkan dengan konsensus pasar. Kenaikan suku bunga acuan menunjukkan The Fed siap untuk menghadapi konsumsi yang lemah pada kuartal I 2017. Proyeksi Fitch mengenai Fed Fund Rate menunjukkan penurunan suku bunga riil disebabkan oleh perlambatan potensi pertumbuhan ekonomi yang dipicu oleh pertumbuhan demografi dan produktivitas yang lebih rendah, serta siklus kebijakan moneter dan kredit yang diperpanjang.

“Ketika siklus kredit yang diperpanjang ini berakhir, Fitch yakin The Fed akan menetapkan suku bunga acuan berdasarkan potensi pertumbuhan ekonomi jangka panjang AS dan target inflasinya. Hal ini berarti keseimbangan Fed Fund Rate berada di level 3,5%-4% jika normalisasi suku bunga riil sejalan dengan prediksi potensi pertumbuhan ekonomi AS yang sedikit di bawah 2%,” kata Coulton. (*)

Follow Us

Indexes