Consumer Finance Markets

CT Corp Cari Mitra Strategis untuk Anak-anak Usaha

CT Corp akan mencari perusahaan global untuk mitra strategis anak-anak usahanya dalam lima tahun ke depan. Kemitraan strategis merupakan salah satu strategi pertumbuhan anorganik yang akan mendorong pertumbuhan bisnis dan aset anak-anak perusahaan CT Corp sebelum menawarkan sahamnya kepada publik (IPO).

Chairul Tanjung, Founder dan Chairman CT Corp, mengatakan perusahaan mengincar perusahaan-perusahaan global terbaik di dunia untuk menjadi mitra strategisnya. “Institusionalisasi bisnis anak-anak usaha akan dilakukan kemitraan strategis agar dalam 5 tahun ke depan seluruh anak usaha CT Corp menjadi pemain terbaik dunia,” kata Chairul.

CT Corp akan mempertahankan porsi kepemilikan saham mayoritas di anak-anak usahanya sehingga mitra strategis maksimal memiliki 49% saham anak-anak usaha. Chairul mengaku sudah ada pembicaraan dengan beberapa calon mitra strategis yang berminat menjadi pemegang saham di anak-anak usahanya. “Lima tahun setelah strategic partnership selesai baru IPO,” kata Chairul.

Total aset CT Corp saat ini sekitar USD 10 miliar. CT Corp membawahi tiga subholding, yakni Mega Corp yang menjadi induk bagi perusahaan di sektor jasa keuangan, Transcorp yang membawahi bisnis media, ritel, lifestyle dan hiburan, serta CT Global Resources yang membawahi bisnis di bidang sumber daya alam. Saat ini anak usaha CT Corp yang telah menjadi perusahaan publik adalah Bank Mega Tbk (MEGA).