Finance Markets

DEG Jadi Investor Strategis VRNA

Deutsche Investitions-und Entwicklungsgesellschaft mbH (DEG), institusi keuangan yang dimiliki oleh Bank Pembangunan Jerman (KFW), menjadi investor strategis Verena Multi Finance Tbk (VRNA). DEG masuk menjadi pemegang saham baru melalui rights issue pada 24 Mei 2017.

DEG dan Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) merupakan pembeli siaga (standby buyer) dalam aksi korporasi tersebut. Sebelum rights issue, pemegang saham VRNA terdiri atas PNBN sebesar 42,87%, Verena Kapital 24,35%, dan masyarakat 32,78%. Pasca rights issue, komposisi pemegang saham VRNA berubah menjadi PNBN dengan kepemilikan 57,54%, DEG 19,9%, Verena Kapital 9,44%, dan masyarakat 13,03%.

Nilai penyertaan modal DEG sekitar Rp 35,28 miliar dari rights issue sebanyak 1,58 miliar saham dengan nilai total Rp 177,31 miliar. Selain menjadi pemegang saham VRNA, DEG memiliki saham di Bank Victoria International Tbk (BVIC), Malacca Trust Ltd, Indonesia Infrastructure Finance, dan Avrist Assurance. Menurut manajemen VRNA, dukungan modal dari DEG dan PNBN akan meningkatkan pertumbuhan bisnis VRNA ke depan.

Dana hasil rights issue akan digunakan untuk modal kerja pembiayaan VRNA. Perseroan menargetkan penyaluran pembiayaan tahun ini sebesar Rp 1,5 triliun, tumbuh 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sekitar 80% pembiayaan akan dialokasikan untuk pembiayaan otomotif dan 20% untuk pembiayaan perumahan. (*)