Consumer Finance Markets

Weyland Tech Incar Pasar E-commerce Indonesia

Weyland Tech Inc (WEYL), penyedia aplikasi bisnis digital yang tercatat di Bursa Amerika Serikat, membidik pasar e-commerce untuk 120 juta penduduk di Indonesia yang belum memiliki akses perbankan. Weyland melalui mitra bisnisnya, OAP, akan menawarkan aplikasi e-commerce tersebut melalui operator telekomunikasi, seperti Telkomsel Indonesia, Indosat Ooredo Tbk (ISAT), dan XL Axiata Tbk (EXCL).

Weyland dalam keterbukaan informasi kepada US SEC, mengatakan OAP memiliki program percontohan (pilot program) untuk 20 komunitas di Indonesia. Aplikasi top up yang dikembangkan OAP memungkinkan masyarakat membeli barang dan jasa melalui perangkat telepon pintar (smartphone). Jika program percontohan ini sukses, OAP akan menawarkan aplikasi ini untuk 500.000 komunitas di seluruh Indonesia.

Pasar industri e-commerce di Indonesia tumbuh 50% dari USD 12 miliar pada 2014 menjadi USD 18 miliar pada 2016. Kementerian Komunikasi dan Informasi memprediksi pasar industri e-commerce ini akan mencapai USD 130 miliar pada 2020. Potensi pasar yang besar ini menarik sejumlah investor asing untuk berinvestasi di sektor ini, seperti konsorsium yang dipimpin Alibaba Group yang akan berinvestasi USD 500 juta ke Tokopedia. (*)

Follow Us

Indexes