Infrastructure Markets

WSKT Beri Pinjaman Rp 560 Miliar ke WTR

Waskita Karya Tbk (WSKT) memberi pinjaman senilai Rp 560 miliar kepada anak usahanya, Waskita Toll Road (WTR). Pinjaman ini akan diteruskan kepada Sriwijaya Makmur Persada (SRIMP), perusahaan yang 98% sahamnya dimiliki WTR, untuk mendukung bisnis SRIMP di bidang pengelolaan jalan tol, pemborong bangunan, dan konstruksi.

Manajemen WSKT mengatakan, pinjaman ini memiliki jangka waktu 12 bulan dan bunga 17% per tahun. Transaksi afiliasi ini dinilai akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan karena WSKT berpotensi mendapatkan pendapatan bunga yang lebih tinggi dibandingkan bunga pinjaman sejenis di pasar sebesar 11,08%.

“Dengan adanya pinjaman dari pemegang saham, SRIMP diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usahanya dan memberikan nilai tambah bagi WTR sehingga secara tidak langsung berdampak pada kinerja Waskita,” kata manajemen WSKT dalam keterbukaan informasi.

Berdasarkan penilaian KJPP Desmar, Ferdinand, Hentriawan dan Rekan (KJPP DFH&R), nilai pinjaman ini setara dengan 2,68% dari ekuitas WSKT dan 5,26% dari ekuitas WTR per Juni 2017. Ekuitas WSKT per Juni 2017 mencapai Rp 20,87 triliun sedangkan WTR sebesar Rp 10,65 triliun. Transaksi afiliasi ini dinilai wajar.

Pada perdagangan Selasa (1/8), harga saham WSKT turun 2,09% menjadi Rp 2.340. (*)

Follow Us

Indexes