Consumer Industry & Trade Markets

MARI Targetkan Kuasai 65% Pangsa Pasar Radio

Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) menargetkan dapat menguasai 65% pangsa pasar radio di Jakarta pada 2019. Perluasan pangsa pasar ini dilakukan dengan menambah penyertaan saham pada sejumlah radio.

Adrian Syarkawie, Presiden Direktur MARI, mengatakan saat ini MARI menguasai 49% pangsa pasar radio musik di Jakarta dan sekitarnya. MARI yang semula mengelola radio JAK 101 FM dan Gen 98.7 di Jakarta, serta Gen 103.1 FM di Surabaya mengembangkan bisnisnya melalui akuisisi.

Pada kuartal II 2017, perseroan mengakuisisi 99,99% saham PT Radio Merpati Darmawangsa (Hot FM). Perseroan juga mengakuisisi 70% saham PT Radio Kirana Insan Suara (KIS FM), PT Radio Mustang Utama (Mustang FM), dan PT Radio Ramako Djaja Raya (Lite FM). Selain itu, MARI memiliki penyertaan modal sebesar 20% pada Radionet Cipta Karya yang membawahi Prambors FM, Delta FM, dan Female Radio.

Pengembangan bisnis ini membidik target pasar pendengar radio di kalangan generasi muda. “Langkah perusahaan untuk melebarkan skala bisnis dengan menggabungkan tiga radio, yakni KIS, Mustang dan Lite ke dalam grup kami adalah langkah terobosan,” kata Adrian.

Natalina Sindhikara, Finance Director & Corporate Secretary MARI, mengatakan perusahaan kini memiliki 3,8 juta pengunduh aplikasi radio streaming. Pada semester I 2017, MARI membukukan pendapatan Rp 58,08 miliar, naik 5,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih perseroan mencapai Rp 22,13 miliar, relatif flat seperti semester I 2016. (*)

Follow Us

Indexes