Industry & Trade Markets

Moody’s Naikkan Peringkat TPIA

Moody’s Investor Service menaikkan peringkat utang Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dari B1 menjadi Ba3 dengan outlook stabil. Peningkatan peringkat ini mencerminkan perbaikan margin, posisi kas, profil likuiditas, dan leverage perusahaan sejak ekspansi pabrik naptha cracker dilakukan pada akhir 2015.

Brian Grieser, VP Senior Credit Officer Corporate Finance Group Moody’s, mengatakan ekspansi naptha cracker meningkatkan kapasitas produksi ethylene dan propylene secara signifikan masing-masing menjadi 900 kiloton per annum (KTA) dan 490 KTA. Hal ini akan memperkuat margin dan arus kas TPIA di saat industri petrokimia menurun. TPIA diestimasi dapat mempertahankan EBITDA margin di level 20% dalam 12-24 bulan ke depan.

“Peringkat Ba3 mencerminkan perbaikan neraca TPIA, terutama dengan kenaikan kas dan level utang yang lebih rendah. Jika dikombinasikan dengan perbaikan EBITDA, leverage perusahaan turun di bawah 1 kali,” kata Grieser. Perseroan memiliki kas USD 278 juta per 31 Maret 2017.

TPIA memiliki sejumlah proyek yang membutuhkan belanja modal USD 1 miliar dalam 3 tahun ke depan, termasuk ekspansi pabrik butadiene, penambahan kapasitas pabrik polypropylene, naptha cracker furnace revamp, pabrik polyethelene baru, pabrik MTBE dan Butene, serta studi kelayakan untuk pembangunan naptha cracker kedua.

Pembangunan naptha cracker kedua diperkirakan membutuhkan dana USD 4 miliar-USD 5 miliar yang akan meningkatkan risiko perusahaan dalam lima tahun ke depan. “Moody’s berharap keputusan investasi pada proyek ini akan dibiayai dengan hati-hati dan melibatkan mitra joint venture yang kuat untuk mengurangi eksposur risiko,” kata Grieser. Hasil rights issue yang diperkirakan mencapai Rp 6,15 triliun dan arus kas dari operasi perusahaan diperkirakan cukup untuk menutup kebutuhan belanja modal dan pembayaran dividen dalam tiga tahun ke depan. (*)

Follow Us

Indexes