Industry & Trade Markets Mining & Energy

ANTM Cari Investor Baru untuk ICA

Aneka Tambang Tbk (ANTM) akan mencari investor baru untuk menggantikan Showa Denko KK (SDK) sebagai pemegang saham perusahaan patungan mereka, yakni Indonesia Chemical Alumina (ICA). Perseroan juga akan menurunkan porsi kepemilikan sahamnya di ICA menjadi di bawah 80%.

Dimas Wikan Pramudito, Direktur Keuangan ANTM, mengatakan perseroan ingin mengevaluasi investasinya di ICA karena perusahaan patungan tersebut belum mampu menghasilkan profit dan level produksinya di bawah tingkat yang diinginkan. ANTM dan SDK telah berdiskusi untuk memecahkan masalah ini tetapi akhirnya SDK memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan ANTM.

“ANTM konsisten ingin menurunkan kepemilikan di ICA. Sebelumnya SDK yang ingin menaikkan kepemilikan sahamnya di ICA tetapi tidak tercapai kesepakatan dalam terms and conditions makanya kita cari penggantinya,” kata Dimas.

Namun, SDK tidak bisa serta-merta mengakhiri kerja sama dengan ANTM. SDK memiliki tanggung jawab kepada vendor dan pemasok yang harus diselesaikan sebelum melepas kepemilikan sahamnya di ICA.

ICA didirikan pada 2007 oleh ANTM dan SDK untuk mengolah bijih bauksit menjadi chemical grade alumina (CGA) dengan kapasitas 300.000 ton per tahun. Nilai investasi yang sudah dikucurkan ANTM untuk proyek CGA di Tayan, Kalimantan Barat diestimasi mencapai USD 360 juta. (*)

Follow Us

Indexes