Infrastructure Markets Mining & Energy

PP Energi Akuisisi Kilang Minyak

PP Energi, anak usaha PT PP Tbk (PTPP), mengakuisisi kilang minyak di Sulawesi Selatan dengan kapasitas 30.000 bpod dengan nilai Rp 7 triliun. PP Energi menjadi pemegang saham mayoritas di kilang tersebut dengan porsi saham 74%.

Abdul Haris Tatang, Direktur PTPP, mengatakan akuisisi ini diharapkan akan menambah portofolio bisnis PP Energi di luar pembangkit listrik. Dalam akuisisi ini, perseroan mengajak PT Inti Perkasa sebagai mitra, dengan kepemilikan saham 26%.

“Kilang minyak ini mengolah crude oil menjadi bensin, pertamax hingga aspal. Akuisisinya sudah lama dilakukan tetapi secara legal baru tuntas bulan lalu,” kata Tatang. PTPP menyuntik modal PP Energi sekitar Rp 6 triliun-Rp 7 triliun untuk melaksanakan akuisisi ini.

Perseroan melihat kebutuhan kilang minyak, khususnya di Indonesia Timur, cukup besar. Salah satu pelanggan kilang minyak tersebut adalah Pertamina (Persero). “Dengan adanya kilang minyak ini, akan mengurangi impor BBM,” kata Tatang.

Akuisisi ini menjadi salah satu strategi PTPP untuk meningkatkan aset PP Energi sebelum melaksanakan penawaran perdana saham pada November 2017. Pada 2016, PTPPĀ telah mengakuisisi 75% saham Sepoetih Daya Prima (SDP) yang memiliki aset senilai Rp 281,71 miliar. Perseroan juga mengakuisisi 99% saham Muba Daya Pratama (MDP) senilai Rp 542,32 miliar. (*)

Follow Us

Indexes