Industry & Trade Markets

SMSM akan Tingkatkan Belanja Modal Jadi Rp 150 Miliar

Selamat Sempurna Tbk (SMSM), produsen komponen otomotif, akan meningkatkan belanja modal (capex) dari Rp 100 miliar menjadi Rp 150 miliar mulai 2018. Belanja modal dialokasikan untuk peremajaan mesin-mesin demi mendorong efisiensi dan produktivitas perusahaan.

“Belanja modal kami umumnya Rp 100 miliar per tahun untuk maintenance. Dalam 1-2 tahun ke depan akan dinaikkan menjadi Rp 150 miliar untuk peremajaan mesin-mesin,” kata Ang Andri Pribadi, Direktur Keuangan SMSM.

Saat ini utilisasi pabrik perseroan mencapai 60% dengan rata-rata produksi filter mencapai 50 juta unit per tahun. Pada semester I 2017, produksi filter perseroan mencapai 31 juta unit. Produk filter berkontribusi 72% atau Rp 1,08 triliun terhadap total pendapatan perseroan sebesar Rp 1,49 triliun. Produk radiator berkontribusi sebesar Rp 161 miliar, karoseri Rp 91 miliar, trading suku cadang Rp 368 miliar, dan pendapatan lain-lain Rp 162 miliar.

Perlambatan penjualan otomotif di Indonesia tidak terlalu berpengaruh pada bisnis perusahaan. “Kami fokus di replacement market, bukan di OEM. Selain itu kontribusi terbesar penjualan kami dari pasar ekspor ke 115 negara yang mencapai 72% dari total penjualan,” kata Andri.

Perseroan memprediksi pertumbuhan penjualan perseroan pada semester II 2017 akan lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan di semester I 2017 yang sebesar 12%. Permintaan terhadap suku cadang bukan hanya dari sektor otomotif tetapi juga dari sektor alat berat yang tumbuh seiring dengan pembangunan infrastruktur dan membaiknya harga komoditas pertambangan. (*)

Follow Us

Indexes