Infrastructure Markets

WSKT Tenderkan 9 Ruas Tol TransJawa

Waskita Karya Tbk (WSKT) membuka tender divestasi 9 ruas tol TransJawa, antara lain ruas Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono. Dana hasil divestasi ruas-ruas tol ini akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek baru perseroan.

M Choliq, Direktur Utama WSKT, mengatakan perseroan membutuhkan dana Rp 110 triliun untuk membangun proyek-proyek baru. “Semula kami berniat menawarkan saham perdana (IPO) TransJawa tetapi kebutuhan dananya mendesak sehingga kami memilih divestasi,” kata Choliq.

Beberapa peserta tender tol TransJawa adalah Jasa Marga Tbk (JSMR) dan Astratel Nusantara. Proses financial close atas divestasi 9 ruas tol ini diestimasi akan diperoleh perseroan pada September 2017.

Sebelumnya, perseroan memperkirakan bisa mendapatkan dana Rp 30 triliun dari divestasi sejumlah ruas tol TransJawa. Perseroan juga berencana menerbitkan obligasi berkelanjutan dengan total nilai Rp 10 triliun dalam dua tahun. Pada Oktober 2017, obligasi berkelanjutan WSKT tahap I akan diterbitkan senilai Rp 3 triliun.

Perseroan tidak tertarik melakukan sekuritisasi aset maupun menerbitkan project bond untuk membiayai belanja modal tahun ini. Pada perdagangan Rabu (9/8), harga saham WSKT naik 2,19% menjadi Rp 2.330. (*)

Follow Us

Indexes