Finance Markets

PLIN akan Terbitkan Obligasi USD 300 Juta

Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) akan menerbitkan obligasi senilai USD 300 juta atau setara Rp 4,03 triliun yang dicatatkan di Singapore Exchange Securities Trading Ltd (SGX-ST). Dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk refinancing utang, membiayai belanja modal, mengembangkan proyek pada entitas anak, dan kebutuhan modal kerja perusahaan.

Lucy Suyanto, Direktur PLIN, mengatakan obligasi tersebut akan diterbitkan oleh anak usaha yang didirikan perseroan di Singapura, yakni Plaza Indonesia Property Pte Ltd. Transaksi ini merupakan transaksi material karena nilainya mencapai 176% dari nilai ekuitas PLIN yang sebesar Rp 2,28 triliun. Pinjaman dengan tenor lima tahun ini dijamin oleh perseroan dan entitas anak usahanya.

Berdasarkan laporan keuangan per 31 Maret 2017, perseroan memiliki debt to equity ratio (DER) sebesar 2,08 kali, jauh di atas rata-rata DER subsektor properti dan real estate sebesar 0,71 kali. Perseroan berencana menjual atau mengalihkan saham simpanan (treasury stock) sebanyak 512 juta saham dengan nilai Rp 1,64 triliun untuk menurunkan DER.

Perseroan akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 15 Agustus 2017 untuk mendapatkan persetujuan atas rencana penerbitan obligasi tersebut. PLIN menargetkan transaksi ini dapat dilaksanakan pada September 2017. (*)

Follow Us

Indexes