Markets Property

Proyek Icon Towers Tekan DART

Proyek Icon Towers yang tengah digarap Duta Anggada Realty Tbk (DART) berpotensi menekan profil kredit perseroan. Proyek yang dibiayai dengan pinjaman bank ini membutuhkan cicilan pokok tahunan yang cukup besar sedangkan arus kas dari pra-penjualan proyek belum tersedia hingga 2018.

Yogie Surya Perdana, Analis Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), mengatakan Pefindo menegaskan kembali peringkat idBBB+ untuk DART dan obligasi berkelanjutan I tahun 2013. Namun, outlook perseroan direvisi dari stabil menjadi negatif. “Kami mengantisipasi melemahnya profil kredit perusahaan,” kata Yogie.

Pefindo juga mengantisipasi tekanan pada likuiditas karena mismatch pada arus kas terkait fasilitas kredit pada proyek tersebut. Proyek Icon Towers mendapatkan pendanaan dari Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII).

Peringkat idBBB+ menunjukkan DART memiliki kemampuan yang memadai untuk memenuhi komitmen keuangannya. Peringkat ini menunjukkan kualitas aset perusahaan yang baik dan recurring income yang stabil dari properti investasi. Meski demikian, kemampuan perusahan bisa terpengaruh oleh perubahan buruk kondisi ekonomi.

Peringkat perusahaan akan diturunkan jika DART tidak dapat melakukan refinancing atas pinjaman BNII yang membutuhkan cicilan pokok tahunan sebesar Rp 160 miliar-Rp 240 miliar. Faktor lain yang berpengaruh terhadap peringkat DART adalah jika perusahaan gagal menjual proyek La Maison en bloc yang diestimasi berkontribusi Rp 500 miliar terhadap pendapatan perusahaan.

Outlook perusahaan bisa direvisi menjadi stabil jika DART melakukan refinancing pinjaman dari BNII atau berhasil menjual proek La Maison en bloc yang akan meringankan likuiditas perusahaan. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment