Industry & Trade Markets Property

FPNI Merambah Bisnis Real Estate

Lotte Chemical Titan Tbk (FPNI) memperluas bisnisnya ke bidang real estate dengan menyewakan lahan industri di Cilegon, Banten. Bisnis baru tersebut akan menambah pendapatan perseroan dalam beberapa tahun ke depan.

Johanes Bambang Budihardja, Direktur Independen FPNI, mengatakan anak usaha FPNI yakni Lotte Chemical Titan Nusantara (LCTN) memiliki lahan sekitar 40 ha di Cilegon, Banten. Lahan tersebut akan disewakan kepada Lotte Chemical Indonesia (LCI), perusahaan yang terafiliasi dengan FPNI.

“Di atas lahan itu akan dibangun pabrik naphta cracker LCI,” kata Johanes. Lokasi lahan LCTN berbatasan dengan lahan yang dibeli LCI dari Krakatau Steel Tbk (KRAS).

LCI akan menginvestasikan dana USD 3 miliar-USD 4 miliar untuk pembangunan pabrik naphta cracker dengan kapasitas produksi 2 juta ton per tahun. Proyek ini akan dibangun dalam waktu 4-5 tahun ke depan.

Selain menyewakan lahan kepada LCI, perseroan juga akan menawarkan lahan tersebut kepada perusahaan-perusahaan manufaktur lainnya. Rencana pengembangan usaha ini telah disetujui pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 25 Agustus 2017.

Perseroan hingga semester I 2017 membukukan pendapatan sebesar USD 227,37 juta, naik 1,86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laba bersih perseroan mencapai USD 1,95 juta, melonjak 133,25% dibandingkan periode yang sama tahun lalu karena penurunan beban pajak penghasilan dan keuntungan lain-lain.

Pada sesi pertama perdagangan Jumat (25/8), harga saham FPNI naik 2,68% menjadi Rp 306. (*)

Follow Us

Indexes