Markets Property

DMAS Tingkatkan Recurring Income

Puradelta Lestari Tbk (DMAS), pengembang kawasan terintegrasi Kota Deltamas, akan meningkatkan kontribusi pendapatan berulang (recurring income) dari 5% menjadi sekitar 10% terhadap pendapatan perseroan tahun ini. Pengelolaan kawasan dan properti investasi menjadi penggerak pertumbuhan recurring income tersebut.

Tondy Suwanto, Direktur DMAS, mengatakan pendapatan berulang dari pengelolaan kawasan berasal dari pengelolaan air bersih, air limbah, dan maintenance fee. Pendapatan dari segmen bisnis ini diestimasi meningkat seiirng pertumbuhan jumlah tenant yang beroperasi di Kota Deltamas.

“Kontribusi recurring income akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas industri di Kota Deltamas. Di tahun ini, dua perusahaan otomotif skala besar mulai beroperasi di kawasan industri kami,” ujar Tondy.

Dua perusahaan otomotif ternama, SAIC GM Wuling dan Mitsubishi, mulai beroperasi di Kota Deltamas tahun ini. SAIC GM Wuling menempati lahan 60 hektare yang dibeli pada 2015 sedangkan Mitsubishi menempati lahan 51 hektare yang dibeli pada tahun yang sama. Pabrik Mitsubishi mulai beroperasi sejak April 2017 sedangkan pabrik SAIC GM Wuling beroperasi sejak Juli lalu.

DMAS juga membangun properti investasi, seperti serviced apartment dan rental factory. Serviced apartment Le Premier yang beroperasi sejak 2016 dengan kapasitas 126 unit kini telah tersewa sepenuhnya. “Permintaan terhadap serviced apartment Le Premier yang kami kelola sangat tinggi, khususnya dari kalangan ekspatriat yang bekerja di kawasan industri Kota Deltamas maupun di area Cikarang,” kata Tondy. Rental factory di Kota Deltamas juga telah
tersewa sepenuhnya.

Perkembangan aktivitas industri dan pertumbuhan populasi pekerja berdampak kepada pengembangan kawasan komersial dan hunian Kota Deltamas. “Ke depannya, recurring income juga akan terus meningkat seiring dengan pembangunan kawasan-kawasan komersial dan hunian di Kota Deltamas yang sedang kami kembangkan,” tambah Tondy. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment