Markets Mining & Energy

OKAS Akuisisi Indotan Lombok

Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) mengakuisisi 100% saham Indotan Lombok Pte Ltd dari Southern Arc Minerals Inc senilai USD 2 juta. Indotan Lombok adalah pemilik 90% saham Indotan Lombok Barat Bangkit (ILBB) yang memiliki Izin Usaha Pertambangan emas dan tembaga di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Akuisisi ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mendiversifikasi bisnis dan meningkatkan pendapatan perusahaan di masa depan.

Southern Arc merupakan perusahaan tambang asal Kanada yang tercatat sebagai emiten di Toronto Stock Exchange. John Proust, Chairman & CEO Southern Arc, mengatakan tambang ILBB berada di lahan seluas 13km x 7km yang memiliki cadangan emas dan tembaga.

Dalam kesepakatan jual beli saham, OKAS akan membayar USD 2 juta kepada Southern Arc dan memberi return royalty sebesar 3% dari produksi bersih smelter yang dibangun di tambang ILBB. “Ancora bisa membeli kembali (buyback) royalti ini kapanpun senilai USD 2 juta,” kata Proust.

Southern Arc juga akan memberikan pinjaman senilai USD 1 juta kepada OKAS untuk menutup biaya konsultasi pengeboran dan uji geologis untuk laporan cadangan mineral di tambang tersebut. Pinjaman ini akan dibayar kembali dalam waktu 1 tahun dengan bunga LIBOR plus 3%.

Tambang ILBB juga memberikan royalti bersih sebesar 2% kepada pihak ketiga. Royalti ini bisa dibeli oleh OKAS senilai USD 1 juta.

Penyelesaian transaksi akuisisi ini tergantung sejumlah persyaratan yang disepakati termasuk uji tuntas yang harus diselesaikan dalam 45 hari, kesepakatan royalti, dan finalisasi pinjaman dengan Southern Arc dalam 60 hari. (*)

Follow Us

Indexes