Markets Mining & Energy

PTBA Kaji Ulang Akuisisi Ignite Resource

Bukit Asam Tbk (PTBA) mengkaji ulang rencana kelayakan (feasibility) akuisisi Ignite Resource Energy Ltd. Penurunan harga minyak mentah global menyebabkan proyek Ignite yang mengubah batubara kalori rendah menjadi kalori tinggi dan Coal liquification menjadi kurang menarik.

Adib Ubaidilah, Sekretaris Perusahaan PTBA, mengatakan untuk saat ini perseroan menghentikan sementara kerjasama dengan Ignite. “Proyek ini tetap berjalan dan secara resmi belum dihentikan kerjasamanya sembari memperhatikan harga minyak yang sedang berfluktuasi,” kata Adib dalam keterangan tertulis kepada BEI.

Sejak 2015, perseroan merencanakan akuisisi 24% saham Ignite, perusahaan batubara Australia. Akuisisi tersebut diharapkan dapat menjadi solusi untuk produksi batubara dengan kalori menengah (medium coal rank) dan synthetic oil (minyak mentah sintetis).

Ignite menggunakan teknologi Cat-HTR yang dapat mengolah batubara menjadi minyak mentah sintetis yang dapat diurai menjadi solar, avtur, dan bensin maupun menghasilkan batubara berkalori tinggi. Minyak sintesis menjadi alternatif pengganti minyak mentah di saat harga minyak dunia tinggi. (*)

Follow Us

Indexes