Markets Property

MABA Akuisisi ABMA Rp 2,7 Triliun

Marga Abhinaya Abadi Tbk (MABA) berencana membeli 98,34% saham Anugerah Berkah Madani (ABMA) dari Saligading Bersama senilai Rp 2,7 triliun. Perseroan akan menerbitkan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD/rights issue) untuk membiayai akuisisi ABMA.

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi karena Saligading Bersama adalah pemegang saham utama MABA dengan kepemilikan 79,20%. Saligading akan mengambil seluruh HMETD yang menjadi haknya dengan menyerahkan seluruh sahamnya di ABMA (transaksi inbreng).

Manajemen MABA mengatakan, perseroan akan menerbitkan maksimal 15 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Rencana penambahan modal melalui rights
issue ini mencapai 253,16% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. Transaksi tersebut akan menimbulkan dilusi kepemilikan maksimum sebesar 71,68%.

“Dana hasil rights issue akan digunakan untuk akuisisi 98,34% saham ABMA dari Saligading. Jika terdapat sisa dana, akan digunakan untuk modal kerja perseroan,” kata
manajemen MABA dalam keterangan tertulis. Perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham atas aksi korporasi ini pada RUPSLB Oktober 2017.

MABA menilai melalui akuisisi ini perseroan dapat mengonsolidasikan bisnis perhotelan dan restoran dengan kegiatan usaha ABMA di bidang pembangunan dan pengembangan
perumahan (real estate), apartemen, perkantoran, dan pertokoan pusat niaga. “Konsolidasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai perseroan yang bersumber dari peningkatan nilai aset properti dan proyeksi pertumbuhan recurring income dari hotel dan restoran,” kata manajemen MABA.

MABA dan anak usahanya memiliki 3 hotel yang telah beroperasi, yakni Ammi Cepu, Allium Tangerang, dan Allium Cepu. Perseroan tengah membangun hotel Arum Cepu dan berencana menambah 2 hotel di Medan dan Yogyakarta. Perseroan melalui anak usahanya, PT Dream Food, memiliki restoran Rantang Ibu di Kebayoran Baru, Jakarta yang telah beroperasi dan berencana membuka satu cabang lagi di Pasar Minggu, Jakarta.

ABMA melalui 3 anak usahanya menguasai lahan seluas 48 ha yang berlokasi di Jakarta Selatan, Tangerang, dan Surabaya. Lahan tersebut akan dimanfaatkan sebagai proyek superblok yang terdiri atas apartemen, perkantoran, function hall, properti komersial, dan hotel.

Pada perdagangan Selasa (12/9), harga saham MABA naik 24,9% menjadi Rp 1.880. (*)

Follow Us

Indexes