Infrastructure Markets

MKI Kuasai 43% Saham META

Matahari Kapital Indonesia (MKI) menguasai 43% saham Nusantara Infrastructure Tbk (META) setelah mengambil alih kepemilikan saham META dari Eagle Infrastructure Fund Limited (EI) dan Hijau Makmur Sejahtera (HMS). Nilai akuisisi saham tersebut diestimasi mencapai Rp 1,78 triliun.

Eagle Infrastructure Fund dan Hijau Makmur Sejahtera merupakan perusahaan yang berada di bawah grup Rajawali milik Peter Sondakh. Adapun MKI belum diketahui afiliasinya. Perusahaan tersebut diduga dimiliki oleh grup konglomerasi besar.

Menurut Dahlia Evawani, Sekretaris Perusahaan META, EI melepas 3,4 miliar saham atau 22% kepemilikannya di META kepada MKI pada 11 September 2017. Penjualan saham ini dilakukan dalam rangka restrukturisasi internal. Sementara itu, HMS pada 12 September 2017 menjual 3,2 miliar atau 21% sahamnya di META kepada MKI.

Transaksi di pasar negosiasi dilakukan oleh broker BCA Sekuritas dan Credit Suisse Sekuritas Indonesia. Harga rata-rata penjualan saham META dalam transaksi tersebut mencapai Rp 270 atau premium 31% dibandingkan harga tertinggi dalam setahun terakhir.

Pasca transaksi tersebut, pemegang saham META menjadi MKI dengan porsi 6,6 miliar saham atau 43% dan pemegang saham publik 8,6 miliar saham atau 57%. Pada perdagangan Rabu (13/9), harga saham META turun 6,9% menjadi Rp 163. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment