Infrastructure Markets

WSKT akan Terima Rp 30 Triliun dari Proyek Turnkey

Waskita Karya Tbk (WSKT) akan menerima pembayaran senilai Rp 30 triliun pada 2018 dari proyek-proyek turnkey, seperti transmisi listrik, Light Rail Transit (LRT) Palembang, dan sejumlah proyek tol. Dana tersebut akan memperbaiki arus kas untuk kegiatan operasional perusahaan yang saat ini mengalami minus Rp 4 triliun.

M Choliq, Direktur Utama WSKT, mengatakan perseroan mencatat arus kas untuk kegiatan operasinal negatif karena pertumbuhan bisnisnya di atas 100%. “Proyek-proyek turnkey ini yang menyebabkan arus kas operasi negatif,” kata Choliq.

Tunggul Rajagukguk, Direktur Keuangan WSKT, mengatakan arus kas untuk kegiatan operasional perusahaan akan kembali positif pada awal 2019. Pada proyek-proyek turnkey, pemilik proyek baru membayar kontraktor ketika proyek selesai dibangun. Padahal, beberapa proyek tersebut ada yang bersifat multiyears atau diselesaikan dalam beberapa tahun.

Namun, proyek turnkey yang digarap WSKT adalah proyek pemerintah dan BUMN yang kemungkinan risiko tidak tertagihnya sangat kecil. “Pemilik proyeknya adalah Jasa Marga Tbk (JSMR), PLN, dan KAI yang memiliki reputasi sangat baik,” kata Choliq. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment