Infrastructure Markets

TLKM dan PT Inti Garap Bisnis IoT

Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (PT Inti) bekerja sama untuk menyediakan dan memasarkan perangkat pendukung Internet of Things (IoT). Kerja sama ini akan mengoptimalkan potensi bisnis kedua perusahaan dan pendapatannya di masa depan.

Dian Rachmawan, Direktur Enterprise & Business Service TLKM, mengatakan kerja sama TLKM dan PT Inti meliputi penyediaan dan penggunaan perangkat IoT, termasuk Smart KTP Reader, peralatan navigasi sipil, Smart Meeting, Smart Meter, System Control Unit, IP PBX, serta fiber optik dan aksesoris sesuai kebutuhan pasar. TLKM dan PT Inti juga menyepakati sinergi pemasaran IoT devices dalam bentuk jual lepas, investasi atau managed services, dan kerja sama lainnya.

“Saat ini TLKM melalui anak perusahaan, PT PINS Indonesia, sedang fokus mengembangkan IoT di Indonesia. Nota kesepahaman ini akan memperkuat PT PINS untuk menjadi The Leading IoT Company di Indonesia,” kata Dian.

Darman Mappangara, Direktur Utama PT Inti, mengatakan TLKM akan memasarkan produk dan hasil pengembangan perangkat IoT produksi PT Inti. PT Inti juga menyediakan perangkat IoT untuk Telkom Group maupun perusahaan lain melalui anak usaha TLKM, PT PINS Indonesia. “PT Pins Indonesia mendapatkan hak eksklusif untuk menyediakan Smart KTP Reader kepada Telkom Group,” kata Darman. Sementara itu, untuk penyediaan perangkat IoT lainnya di luar Telkom Group, PT Inti bisa memberikan hak eksklusif kepada PT PINS jika dimungkinkan dan dinilai layak berdasarkan kajian masing-masing pihak.

Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar IoT terbesar di ASEAN dengan 333 juta pengguna telepon seluler. Nilai pasar IoT di Asia Pasifik pada 2020 diestimasi mencapai USD 678 juta. (*)

Follow Us

Indexes