Markets Mining & Energy

Kapasitas Pembangkit POWR Capai 1.144 MW

Cikarang Listrindo Tbk (POWR) meningkatkan total kapasitas terpasang pembangkit listriknya menjadi 1.144 MW dengan beroperasinya unit kedua pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Peningkatan kapasitas ini memungkinkan perseroan melayani kebutuhan listrik pelanggan dari 5 kawasan industri di Cikarang, Jawa Barat.

Christanto Pranata, Sekretaris Perusahaan POWR, mengatakan energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik bertenaga batubara di Babelan itu dialirkan ke kawasan industri dengan jalur transmisi 150 kilovolt sepanjang 30 km. “Keberhasilan unit kedua dalam menghasilkan listrik ini merupakan langkah ke depan yang penting bagi perseroan untuk selalu dapat menyediakan tenaga listrik dan melayani kebutuhan listrik dari pelanggan kawasan industri,” kata Christanto.

Pembangkit listrik berbahan bakar batubara POWR menggunakan boiler dengan teknologi Circulating Fluidized Bed (CFB) yang dipasok oleh Valmet Technologies Oy dari Finlandia. Teknologi ini diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan Pulverized Coal (PC) boiler karena emisi karbonnya lebih rendah.

Total kapasitas PLTU POWR mencapai 280 MW. Sebelumnya, POWR telah memiliki pembangkit listrik tenaga gas uap (combined cycle) di Jababeka yang menggunakan turbin uap dari Siemens sejak 2011. Kapasitas PLTG tersebut mencapai 864 MW. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment