Markets Mining & Energy

MEDC Rights Issue 8,9 Miliar Saham

Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan menambah modal melalui penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) sebanyak 4,45 miliar saham. Perseroan juga akan menerbitkan 4,45 miliar waran sebagai insentif bagi pemegang HMETD sehingga total saham baru yang diterbitkan akan mencapai 8,9 miliar saham. Dana yang akan didapatkan dari penerbitan saham baru tersebut diestimasi mencapai USD 150 juta.

Manajemen MEDC dalam prospektus menyebutkan, aksi korporasi ini berpotensi menimbulkan dilusi kepemilikan sebesar 25,22%. Dana hasil HMETD II ini akan digunakan untuk membayar sebagian atau seluruh utang yang akan jatuh tempo. Sementara itu, dana yang diperoleh dari pelaksanaan waran akan digunakan untuk modal kerja perseroan dan anak-anak usahanya serta membeli kembali sebagian atau seluruh obligasi rupiah yang telah melewati periode yang disepakati dengan pemegang obligasi.

Berdasarkan laporan keuangan MEDC per Maret 2017, perseroan memiliki kewajiban yang akan jatuh tempo dalam setahun berupa pinjaman bank sebesar USD 185,03 juta, obligasi rupiah USD 262,51 juta, dan obligasi dolar AS USD 17,85 juta. MEDC akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2 November 2017 untuk mendapatkan persetujuan atas aksi korporasi tersebut.

Pada perdagangan Selasa (26/9), harga saham MEDC turun 3,4% menjadi Rp 850. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment