Industry & Trade Infrastructure Markets

AP II Bidik Rp 11 Triliun dari Investor Kuala Namu

Angkasa Pura II (AP II) menargetkan dana Rp 11 triliun dari divestasi sebagian sahamnya di Bandara Kuala Namu, Medan kepada investor strategis. Ada beberapa calon investor yang berminat menjadi mitra AP II, antara lain dari Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AP II, mengatakan perusahaan menawarkan dua paket investasi kepada calon investor strategis. Paket pertama adalah paket pengembangan operasional bandara senilai Rp 7 triliun, termasuk pengembangan terminal, runway, dan apron. Paket kedua berupa pengembangan kawasan komersial di lahan seluas 200 ha senilai Rp 4 triliun. “Dalam non-deal roadshow, sudah ada beberapa calon investor yang berminat dari Eropa, Asia, dan Timur Tengah,” kata Awaluddin.

AP II mencari mitra pengelola bandara yang memiliki reputasi global untuk mempercepat pertumbuhan bandara tersebut. “Saat ini traffic di Kuala Namu mencapai 10 juta penumpang per tahun. Dalam lima tahun ke depan kami targetkan tumbuh 2 kali lipat menjadi 20 juta penumpang,” kata Awalluddin.

Jika mengandalkan pertumbuhan organik, lalu lintas penumpang di Bandara Kuala Namu hanya akan tumbuh 1 juta penumpang per tahun. Mitra strategis yang berasal dari perusahaan pengelola bandara internasional diharapkan mentransfer keahlian dan memanfaatkan jaringan yang dimiliki untuk mendorong pertumbuhan bandara Kuala Namu. Perseroan menargetkan divestasi ini dapat dituntaskan pada kuartal I 2018. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment