Finance Infrastructure Markets

WIKA dan JSMR Siap Terbitkan Global IDR Bonds

Wijaya Karya Tbk (WIKA) dan Jasa Marga Tbk (JSMR) siap menerbitkan Global IDR Bonds (Komodo Bonds) pada akhir tahun ini. Dana hasil penerbitan obligasi tersebut akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur perusahaan.

Rini M Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengatakan penawaran Komodo Bonds akan dilaksanakan setelah proses rating selesai. “International rating makan waktu. Targetnya JSMR duluan, penawarannya pada minggu pertama November 2017 setelah itu WIKA,” kata Rini. Setelah itu, WIKA akan menyusul. PLN juga berencana menerbitkan Komodo Bonds pada kuartal I 2018.

Dalam roadshow ke beberapa negara, perusahaan-perusahaan tersebut mendapatkan sambutan positif dari investor terkait penerbitan Komodo Bonds. “Banyak investor asing yang mau beli obligasi dalam rupiah tetapi transaksinya nggak mau di Indonesia. Ini yang coba kita raih,” kata Rini.

Nilai penerbitan Komodo Bonds tersebut diperkirakan ekuivalen USD 200 juta-USD 300 juta. Beberapa negara telah sukses menerbitkan obligasi global dalam denominasi lokal, seperti China dengan Dim Sum Bonds, India dengan Masala Bonds, dan Filipina dengan Global Peso. (*)

Follow Us

Indexes