Consumer Industry & Trade Markets

ICBP Ambil Alih Saham Asahi di AIBM dan IASB

Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) akan mengambil alih seluruh kepemilikan saham Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd di Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) dan Indofood Asahi Sukses Beverage (IASB). Nilai transaksi saham tersebut diestimasi mencapai Rp 2,5 triliun.

Gideon A Putro, Sekretaris Perusahaan ICBP, mengatakan perusahaan telah menerima rencana dari Asahi Group untuk mendivestasi sahamnya di AIBM dan IASB. Kedua perusahaan patungan yang diluncurkan pada 2012 tersebut memproduksi minuman teh, kopi, dan air mineral.

Asahi memiliki 51% saham di AIBM dan 49% saham di IASB. Asahi melakukan divestasi tersebut karena ingin fokus di bisnis minuman beralkohol setelah mengakuisisi perusahaan bir di Eropa pada akhir 2016.

“Perseroan mempertimbangkan untuk menerima rencana transaksi tersebut mengingat perseroan percaya dengan prospek usaha minuman non-alkohol di Indonesia masih tetap menjanjikan seiring dengan pertumbuhan segmen berpenghasilan menengah serta kenaikan pendapatan per kapita,” kata Gideon.

Saat ini ICBP memiliki 51% saham di AIBM dan 49% saham di IASB. Pasca transaksi tersebut, ICBP akan memiliki 100% saham AIBM dan IASB.

Pada perdagangan Senin (2/10), harga saham ICBP naik 1,72% menjadi Rp 8.875. (*)

Follow Us

Indexes