Infrastructure Markets

BIM Percepat Penyelesaian Proyek PTPP

Penggunaan Building Information Modelling (BIM), teknologi digital di bidang konstruksi, membantu Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) mempercepat penyelesaian proyek-proyek. Saat ini PTPP telah menggunakan BIM di 25 proyek unggulan, termasuk Bandara Kertajati dan Dermaga Tujuh.

Tumiyana, Direktur Utama PTPP, mengatakan PTPP merupakan pionir penggunaan BIM di Indonesia. “Investasi di teknologi ini relatif kecil tetapi efisiensi waktu dan biaya yang dihasilkan sangat signifikan. Penyelesaian proyek bisa berjalan 10% lebih cepat,” kata Tumiyana.

BIM mampu mensimulasikan seluruh informasi di dalam proyek konstruksi ke dalam model tiga dimensi (3D), antara lain dengan memanfaatkan digital printing. Teknologi serupa sudah digunakan di luar negeri, antara lain di Jerman dan China. Ke depan, perseroan akan menerapkan BIM pada semua proyeknya.

Danis Sumadilaga, Kepala Badan Litbang dan Plt Dirjen Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengatakan pelaku industri konstruksi di Indonesia diharapkan dapat menerapkan BIM secara bertahap dalam 5 tahun ke depan. Penggunaan teknologi tersebut dinilai dapat mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur sesuai dengan program pemerintah. (*)

Follow Us

Indexes