Consumer Industry & Trade Markets

Sarana Agro Buka Tender Offer 29,49% Saham JAWA

Sarana Agro Investama (SAI) membuka penawaran tender wajib (mandatory tender offer) untuk 1,11 miliar saham atau 29,49% saham Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA). Harga saham dalam tender offer ini adalah Rp 250 per saham sehingga total nilai transaksi diestimasi mencapai Rp 278 miliar.

Tender offer ini dilakukan setelah Sarana Agro mengakuisisi 70,51% saham JAWA dari Sinar Kasih Abadi dengan nilai Rp 665,36 miliar pada 6 September 2017. Akuisisi ini menyebabkan terjadinya perubahan pemegang saham pengendali sehingga Sarana Agro wajib melaksanakan tender offer.

Dalam prospektusnya, manajemen Sarana Agro menyebutkan, perseroan mengakuisisi JAWA untuk memperluas bisnisnya di bidang produksi dan penjualan hasil perkebunan karet, kopi, teh, kakao, kelapa sawit, dan produk perkebunan lainnya. Penawaran tender dilakukan untuk memberi kesempatan kepada pemegang saham lainnya menjual sahamnya kepada Sarana Agro.

Jika kepemilikan saham Sarana Agro di JAWA melebihi 80% pasca tender offer, perseroan berkewajiban menjual kembali sahamnya ke pasar dalam waktu 2 tahun. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kepemilikan saham publik sebesar 20%.

Pada perdagangan Rabu (4/10), harga saham JAWA turun 0,81% menjadi Rp 244. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment