Consumer Industry & Trade Markets

40 Investor Institusi Incar MCI

Sebanyak 40 investor institusi dari dalam dan luar negeri mengincar saham perdana MCash Integrasi (MCI), perusahaan distribusi digital. Perusahaan-perusahaan tersebut ingin menjadi anchor investor dalam IPO MCI.

Suryandy Jahja, Managing Director MCI, mengatakan dalam roadshow ke Singapura dan Hong Kong, perseroan menerima pernyataan minat dari sejumlah perusahaan investasi dari Singapura, Hong Kong, Inggris, Amerika Serikat, China, dan Indonesia. “Ada satu perusahaan yang besar sekali dari China yang mendaftar sebagai anchor dan ingin membantu mengembangkan bisnis kami di sana,” kata Jahja usai Public Expose, Jumat (6/10).

Perseroan belum memutuskan perusahaan mana yang akan diterima sebagai anchor investor dalam penawaran umum saham perdananya. MCI menunggu bookbuilding yang berlangsung pada 6-13 Oktober 2017 selesai sebelum memutuskan anchor investor.

MCI akan melepas 216,98 juta saham atau 25% dari modal disetor dengan kisaran harga IPO Rp 1.300-Rp 1.450 per saham. Perseroan menargetkan dana Rp 283,67 miliar-Rp 314 miliar dari aksi korporasi tersebut. Sekitar 60% dana IPO akan digunakan untuk modal kerja, 30% untuk pembelian mesin dan infrastruktur, dan 10% untuk meningkatkan kompetensi SDM.

Jahja mengaku, permintaan yang masuk saat ini sudah mengalami kelebihan permintaan sebesar 7,6 kali. Meski demikian, perseroan tidak berencana menambah porsi saham yang akan dilepas ke publik. “Nanti dilusi yang dialami pemegang saham lainnya semakin besar kalau porsi IPO ditambah,” kata Jahja.

Saat ini pemegang saham MCI adalah Martin Suharlie 12%, 1 Inti Dot Com 28%, Kresna Karisma Persada 10%, Jas Kapital 12%, Gratia Tujuhbelas Februari 6%, Hero Intiputra 12%, Kresna Usaha Kreatif 17,6%, dan Pesona Indonesia Pertiwi 2,4%.

MCI adalah perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce online to offline (O2O) yang mendistribusikan produk-produk digital, seperti kartu perdana telekomunikasi, voucher digital, isi ulang pulsa, dan lain-lain.

Perseroan menempatkan outlet mesin kios digital di sejumlah supermarket, seperti Hero, Giant, Ranchmarket, dan Carrefour. Hingga akhir tahun ini, jumlah outlet MCI akan mencapai 1.000 outlet. Perseroan menargetkan pertumbuhan signifikan menjadi 10.000 outlet pada 2020. (*)

Follow Us

Indexes