Markets Mining & Energy

KEP Capai Financial Close Proyek PLTGU Senipah

Kartanegara Energi Perkasa (KEP), perusahaan yang 90% sahamnya dimiliki oleh Toba Sejahtra, mencapai financial close untuk ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Senipah senilai USD 66 juta. Proyek ini dibiayai oleh Bank BNI Tbk (BBNI) dan Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Hamid Awaluddin, Direktur Utama KEP, mengatakan PLTGU Senipah yang berada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini memiliki total kapasitas 117 MW. Perseroan telah mengoperasikan PLTG Senipah (simple cycle) dengan kapasitas 82 MW sejak 2015. Ekspansi sebesar 35MW di PLTGU ini akan memanfaatkan uap panas yang dihasilkan oleh PLTG.

Juli Oktarina, Direktur Keuangan KEP, mengatakan perseroan mencapai financial close dalam waktu 9 bulan setelah Power Purchase Agreement (PPA) dengan PLN ditandatangani pada 22 Desember 2016. “Setelah ini kami akan mulai site preparation kemudian konstruksi pada awal 2018. Target commercial operation date (COD) pada kuartal III 2019,” kata Juli. Kontraktor EPC untuk proyek ini adalah RCR Asia dan Truba Jaya Engineering.

PLTG Senipah menyalurkan listrik kepada PLN di wilayah Kaltim dan Utara melalui sistem jaringan transmisi Mahakam sepanjang 41 km. Pasokan gas untuk PLTGU ini mencapai 20.000 MMBTU per hari dan berasal dari Blok Mahakam yang dikelola oleh Total EP Indonesie dan INPEX. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment