Consumer Industry & Trade Markets

Lima Institusi Masuk Shortlist Investor GMFI

Lima institusi masuk ke dalam shortlist calon investor strategis Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI). GMFI akan melepas 20% saham kepada investor strategis dengan target dana minimal USD 200 juta.

Pahala N Mansury, Direktur Utama Garuda Indonesia Tbk (GIAA), induk usaha GMFI, mengatakan pemegang saham akhirnya memutuskan hanya melepas 10% saham GMFI dalam IPO karena 20% dari saham perseroan akan dialokasikan bagi investor strategis. “Kami ingin memperkuat bisnis GMFI dengan mencari investor strategis dan mereka ini berminat kalau porsi saham yang dilepas sampai dengan 20%,” kata Pahala.

Kelima perusahaan tersebut merupakan perusahaan global yang dinilai mampu memberikan nilai tambah bagi GMFI dari sisi permodalan, pengembangan pasar maupun kapasitas perusahaan. Sebelumnya, Pahala menyebutkan salah satu investor yang berminat terhadap GMFI adalah Air France KLM. Calon investor yang saat ini masuk shortlist adalah perusahaan yang bergerak di bidang Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) maupun institusi yang memiliki bisnis di bidang jasa aviasi.

“Kami berharap akhir tahun sekitar awal Desember 2017 sudah ditandatangani CSPA sehingga financial closing bisa dilaksanakan pada kuartal I 2018,” kata Pahala. Kehadiran mitra strategis diharapkan dapat mendorong visi GMFI menjadi Top 10 Global MRO dengan pendapatan USD 1 miliar pada 2021.

Pada sesi pertama perdagangan Selasa (10/10), harga saham GMFI turun 5,5% menjadi Rp 378. (*)