Markets Mining & Energy

Permintaan Nikel China Jadi Katalis ANTM

Peningkatan permintaan nikel global dalam jangka menengah diestimasi meningkat karena permintaan dari sektor otomotif di China. Hal ini akan menjadi katalis bagi pergerakan saham Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Andy Wibowo Gunawan, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengatakan China melarang produksi dan penjualan kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil untuk mengurangi polusi. Hal ini akan mendorong produksi mobil listrik yang membutuhkan nikel dalam banyak komponennya.

“ANTM merupakan salah satu pemain feronikel global yang paling efisien. ANTM juga merupakan penambang logam yang terdiversifikasi,” kata Andy.

Mirae memprediksi laba bersih ANTM tahun ini akan mencapai Rp 100,9 miliar dan pada 2018 akan meningkat menjadi Rp 330,8 miliar. Mirae merekomendasikan trading buy untuk saham ANTM dengan target harga Rp 730.

Namun, investor juga harus mewaspadai risiko yang dapat menghambat laju saham ANTM, seperti kerugian pada perusahaan asosiasi dan perusahaan patungan. Harga logam global yang lebih rendah juga dapat berpengaruh pada kinerja perusahaan. (*)

Follow Us

Indexes