Finance Markets

Pinnacle Terbitkan ETF Syariah

Pinnacle Investment meluncurkan Pinnacle Enhanced Sharia ETF (XPES) yang merupakan exchange traded fund berbasis saham-saham syariah dengan kapitalisasi pasar besar. Saat ini dana kelolaan (asset under management/AUM) ETF Pinnacle mendekati Rp 500 miliar atau 23% dari total AUM perseroan Rp 2,2 triliun per 30 September 2017.

Guntur Putra, Presiden Direktur & CEO Pinnacle, mengatakan XPES merupakan ETF keempat yang diterbitkan perseroan dalam platform Smart ETF. “Kalau kita bandingkan, XPES ini mirip dengan reksadana berbasis Indeks LQ45. Kalau kita lihat, performance kita 3% di atas pasar IHSG dan LQ45,” kata Guntur.

XPES menerapkan multi-factor model berdasarkan momentum, nilai, ekuitas, dan volatilitas untuk mencari kinerja lebih baik dari saham-saham syariah di Indonesia. “Tujuan kami memodernisasi dan merevolusi proses portfolio construction pasif indeks yang tradisional dan tidak efisien pembobotannya berdasarkan kapitalisasi pasar,” kata Guntur.

Perseroan menunjuk Indo Premier Sekuritas sebagai dealer partisipan dan Bank DBS sebagai bank kustodian untuk XPES. Perseroan masih menjajaki kemungkinan untuk menambah jumlah dealer partisipan agar transaksi ETF di pasar sekunder semakin likuid. Di pasar perdana, XPES ditawarkan dengan nilai investasi minimal Rp 50 juta. Perseroan bekerja sama dengan IPOT Pay dan Bareksa untuk memasarkan XPES.

Andri Yauhari, Managing Director & Chief Investment Officer Pinnacle, mengatakan perseroan fokus mengembangkan produk ETF agar pasar ETF di Indonesia bisa berkembang sebagaimana di luar negeri. “Yang dibutuhkan adalah dukungan dari Bursa Efek Indonesia, misalnya dengan memberikan insentif agar semakin banyak dealer partisipan untuk ETF,” kata Andri.

Perseroan akan menerbitkan satu lagi produk ETF pada akhir tahun ini dan 4-5 produk baru pada 2018. Saat ini Pinnacle memiliki 4 produk ETF, yakni Pinnacle Enhanced Liquid ETF (XPLQ), Pinnacle Core High Dividend ETF (XPDV), Pinnacle Indonesia Large Cap ETF (XPLC), dan XPES. Jumlah investor Pinnacle mencapai 2.000 investor dengan komposisi 80% investor institusi dan 20% investor ritel. (*)

Follow Us

Indexes