Consumer Markets

MDRN Akuisisi Peternakan Sapi

Modern Internasional Tbk (MDRN) akan mengakuisisi Nusantara Agri Sejati (Target), perusahaan yang bergerak di bisnis peternakan sapi perah dan pengolahan susu. Akuisisi ini akan dibayar dengan obligasi wajib konversi (OWK) yang akan diterbitkan oleh perusahaan.

Sungkono Honoris, Presiden Direktur MDRN, mengatakan akuisisi ini akan menambah aset yang dapat membantu restrukturisasi utang perusahaan pasca penutupan gerai-gerai 711 yang dioperasikan oleh anak usahanya, Modern Sevel Indonesia (MSI).

Perseroan dan Target telah menandatangani perjanjian kontribusi pada 17 Oktober 2017. “Transaksi kontribusi ini akan dilakukan tanpa pembayaran tunai sehingga tidak ada dampak terhadap kas perusahaan,” kata Sungkono. Perseroan memperkirakan Target akan memberikan tambahan aset dan peluang diversifikasi bisnis bagi MDRN.

“Aset tambahan ini akan dinilai secara independen oleh agen penilaian yang terdaftar (KJPP) dan harga pembeliannya akan diatur lebih lanjut berdasarkan hasil penilaian ini,” kata Sungkono. Transaksi ini dapat terlaksana jika mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan opini wajar dari KJPP.

OWK akan menjadi subordinasi terhadap seluruh kewajiban MDRN. OWK akan dikonversi menjadi saham MDRN dengan harga yang ditentukan oleh KJPP dan persetujuan dari pemegang saham perseroan.

Sejak akhir Juni 2017, harga saham MDRN stagnan di level Rp 50. (*)

About the author

Hari Widowati

Add Comment

Click here to post a comment