Infrastructure Markets

PTPP Terbitkan Perpetual Bond Rp 2 Triliun

PT PP Tbk (PTPP) akan menerbitkan obligasi tanpa jatuh tempo (perpetual bond) senilai Rp 2 triliun pada Desember 2017. Perseroan akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi tersebut untuk membiayai investasi pada anak-anak perusahaan.

Tumiyana, Direktur Utama PTPP, mengatakan perseroan akan menerbitkan perpetual bond dengan tenor 7 tahun. “Ada call option bagi kami sebagai penerbit obligasi untuk membeli kembali obligasi tersebut pada pertengahan periode,” kata Tumiyana.

Obligasi tersebut diperkirakan memberikan kupon sekitar 9,25%. Perseroan mengaku telah menjajaki sejumlah investor, baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang berminat membeli obligasi tersebut.

PTPP akan menjadi pionir dalam penerbitan perpetual bond di Indonesia. Berdasarkan data Reuters, penerbitan perpetual bond di Asia Pasifik di luar Jepang mencapai rekor USD 8,67 miliar per Juni 2017. Beberapa perusahaan Asia yang telah menerbitkan perpetual bond adalah Power Construction Corporation (China) senilai USD 500 juta dan Far East Horizon (China) USD 300 juta.

Perpetual bond diperhitungkan sebagai ekuitas dalam akuntansi sehingga perseroan yang menerbitkan obligasi ini dapat menjaga net gearing di level rendah. Hal ini berbeda dengan obligasi yang masuk ke dalam pos liabilitas.

Pada perdagangan Senin (23/10), harga saham PTPP naik 1,7% menjadi Rp 2.850. (*)