Finance Markets

BMRI Cari Mitra Strategis untuk BSM

Bank Mandiri Tbk (BMRI) mencari mitra strategis untuk mengembangkan bisnis Bank Syariah Mandiri (BSM). Perseroan menginginkan mitra yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam meracik produk-produk perbankan syariah.

“Kami ingin punya partner yang memiliki nilai tambah di bisnis syariah. Kami mencari investor strategis bukan karena masalah permodalan tetapi lebih kepada keahliannya,” kata Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama BMRI. Mitra strategis diharapkan bisa membantu BSM dalam diferensiasi produk perbankan syariah yang berbeda karakteristiknya dengan produk konvensional.

BMRI masih memiliki kemampuan untuk menambah modal BSM. Tahun ini perseroan akan menyuntikkan dana Rp 500 miliar ke BSM. “Kami berkomitmen menambah modal untuk mempertahankan CAR BSM di level 14%,” kata Kartika.

Ini adalah tahun ketiga BMRI menyuntik modal BSM. Perseroan juga mengkaji kemungkinan melepas saham BSM kepada publik melalui initial public offering (IPO). “Setelah kami injeksi modal, valuasi perusahaan akan lebih baik dalam jangka menengah,” ujar Kartika. (*)